Keras, Fahri Hamzah: Sentralisasi Keuangan Harus Diakhiri

Keras, Fahri Hamzah: Sentralisasi Keuangan Harus Diakhiri

CIREBON - Otonomi pengelolaan anggaran mutlak digunakan. Sentralisasi keuangan pun harus dihentikan.

Hal tersebut diungkapkan mantan anggota DPR RI Fahri Hamzah saat ditemui radarcirebon.com di salah satu cafe Jl Tuparev, Kabupaten Cirebon, Senin (29/11/2021).

\"Saya sudah mengatakan bahwa otonomi pengelolaan anggaran mutlak digunakan ke depan,” katanya.

https://www.youtube.com/watch?v=t88k1buKUHQ

Menurutnya, Pemerintah Pusat terlalu menikmati sentralisasi. Seharusnya diera otonomi daerah seperti sekarang ini, Pemerintah Daerah harus diberikan kewenangan untuk merencanakan sendiri pendapatannya yang kemudian dia bertanggungjawab atas pengeluaran yang lebih baik. “Jadi kata kuncinya ada di sentralisasi. Sentralisasi keuangan harus diakhiri,\" tuturnya.

Soal estafet kepemimpinan nasional ke depan, Fahri mengungkapkan, Pemerintah Pusat jangan lagi menyumbat aspirasi dari daerah untuk mengajukan capres-cawapresnya sendiri-sendiri.

\"Maka, threshold harus dihapus atau ditiadakan. Supaya orang Aceh, Papua, Cirebon dan daerah lainnya punya capres maupun cawapres yang siap bertanggung di Pemilu. Sekali lagi, aspirasi dari daerah jangan disumbat dan apa yang berasal atau bersumber dari aspirasi daerah juga harus ditampung secara masif,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: